24 Weeks

1:32 PM

Katanya ukuran bayi dalam kandungan saat ini kira-kira sebesar jagung ;)
Saat ini kandungan saya 24 minggu atau 6 bulan, yeay! Alhamdulillah, so far so good. Yuk, mari update perubahan apa aja yang terjadi selama kehamilan ini.

Perubahan Mood.
Pada dasarnya saya termasuk orang yang sensitive, dan ternyata selama hamil ini tingkat keparahannya bertambah! Hahaha. Yang kena dampaknya siapa lagi kalo bukan suami sendiri, sorry babe! Saya gampang banget sedih dan nangis. Saya jadi lebih manja ke suami, maunya ada dia terus setiap saat, padahal di dua bulan pertama kehamilan rasanya saya malas dekat-dekat dengan suami hehe. Ada hal yang gak di suka sedikit, langsung jadi kepikiran dan ujung-ujungnya mewek. Sadar sih saya jadi menyebalkan banget akhir-akhir ini, but I can’t control it! Kalo kata suami, saya hamil gak hamil mah memang sensian orangnya. Makanya dia lempeng aja ngadepinnya hehehe.
Solusi untuk menghindari perubahan mood ini ya harus cari kesibukan. Apalagi sekarang saya lebih banyak di rumah, bisa gawat kalo lagi bengong terus kumat uring-uringannya. Biasanya saya lebih suka browsing tentang kehamilan atau baca-baca blog tentang apapun. Belajar nge-blog dan ngerajut juga salah satu obat mujarab buat saya. Selain itu, sering-sering zikir dan ngaji sih udah paling bener.

Perubahan Kulit dan Bentuk Tubuh.
Baby bump mulai kelihatan di usia kandungan sekitar 19 minggu, tapi ya saat itu masih banyak juga orang yang belum ngeh kalo saya lagi hamil. Sekarang sih udah lebih kelihatan hehe senang. Semakin ke sini, saya mulai ngerasa pegal-pegal dan backpain kalo jalan, duduk atau tidur terlalu lama.  Kulit saya juga jadi lebih kering dari biasanya di kehamilan ini. Saking keringnya, kulit kaki sampai terasa gatal banget. Saya biasa olesi tangan dan kaki dengan Nivea Cream biar lebih lembab dan mengurangi rasa gatal. Untuk perut dan bagian lainnya, saya suka olesi dengan Bio Oil sejak usia kandungan 13 minggu. Katanya Bio Oil ini bagus banget untuk menghindari ataupun menyamarkan strechmark.
Oiya, dua minggu lalu muncul banyak bercak merah di kulit tangan dan paha saya. Awalnya gak gatal, tapi lama-lama baru terasa gatal. Dokter saya pun menyarankan untuk tes ulang Anti-Rubella IgM, dan alhamdulillah hasilnya negative. Jadi mungkin hanya faktor udara, dan setelah tiga hari pun bercaknya hilang.
Sejak bulan lalu juga saya terdeteksi ada keputihan. Kata Dr. Diana untungnya belum parah, saya diberikan obat kapsul Floragyn dan obat gel Prodiva. Mudah-mudahan bisa segera sembuh biar gak membahayakan bayi dalam kandungan.

Makanan Sehat dan Tidak Sehat.
Saya termasuk yang gak pernah ngidam. Tapi entah kenapa selama kehamilan ini saya jadi sering jajan ketoprak dan nasi padang! *loh!* Iya tau jajan kan gak sehat, tapi kalo bikin happy gimana dong? Hehe. Walaupun masih suka jajan, saya tetap imbangi dengan makan sehat, kok. Saya perbanyak makan buah seperti pisang, pepaya, kiwi, jeruk, atau melon. Selain itu saya juga perbanyak makan sayur apapun. Kalo makan di restoran, saya lebih suka pesan minum air mineral atau fresh juice dan menghindari teh atau kopi.

Vitamin.
Dr. Diana membekali saya Folamil Genio sebagai multivitamin dan mineral, juga Cal-95 untuk kebutuhan kalsium. Sebelumnya sempat diberikan Vitamam2 oleh Dr. Tirsa, tapi ya isinya sama saja dengan Folamil Genio ini. Kalo badan mulai gak enak atau muncul gejala flu, saya lebih suka minum air perasan lemon ditambah madu sebagai pengganti obat. Insya Allah lebih sehat dan aman untuk ibu hamil juga janinnya.

Gerakan Bayi.
Menurut google dan forum ibu-ibu yang suka saya abaca (kebanyakan baca forum! ;p) gerakan bayi di kehamilan pertama bisa dirasakan saat usia kandungan 18-22 minggu. Selama itu pula saya selalu nunggu untuk bisa ngerasain gerakan bayi di perut, hehe gak sabar yaa. Sebenernya saya udah mulai ngerasa seperti kedutan halus saat usia kandungan 21 minggu, tapi masih belum yakin apa itu benar-benar gerakan bayi atau gemuruh angin. Hahaha! Gerakan lebih terasa saat posisi duduk atau telentang. Sekarang gerakan bayi udah mulai sering dan lebih berasa. Malah beberapa hari lalu saat USG, si bayi keliatan lagi menguap lebar banget. Mungkin dia lapar! Gemes!

Bayi Laki-Laki atau Bayi Perempuan?
Saat usia kandungan 18 minggu, sebenernya Dr. Diana udah bilang kayaknya jenis kelaminnya laki-laki tapi belum yakin. Nah, beberapa hari lalu saat usia kandungan 23 minggu, Dr. Diana udah lebih yakin kalo jenis kelaminnya laki-laki. Alhamdulillah, sebenernya apapun itu yang penting sih sehat dan normal ya.

Nama Bayi.
Sejak sebelum hamil, saya sempat iseng bilang suami kalo nanti punya anak, saya mau nama anak kami depannya huruf ‘I’ – karena saya dan suami namanya diawali huruf ‘I’. Agak maksa yaa hehehe. Kami udah menyiapkan nama panggilan untuk bayi laki-laki maupun perempuan untuk jaga-jaga. Sekarang tinggal cari nama tengah untuk melengkapi.

Ngobrol.
Bayi udah bisa dengar suara di trimester ini. Namun saya termasuk yang kurang jago ngajak ngobrol, kalo suami sih masih suka nyapa ngajak ngobrol saat pulang kerja. Dia malah lebih suka manggil dengan nama yang udah kita siapkan untuk si bayi hehehe lucu banget.

You Might Also Like

0 comments