Wanita Karier atau Ibu Rumah Tangga?

3:32 PM


Saya dibesarkan dalam lingkungan keluaraga pekerja. Kedua orang tua saya adalah pekerja kantoran. Sebagian besar keluarga dari pihak Mama dan Papa pun juga bekerja, ada yang kantoran dan juga wiraswasta.

Sejak awal, orang tua juga selalu mengarahkan saya dan kembaran saya untuk menjadi wanita karier setelah lulus kuliah. Mereka memiliki alasan sendiri-sendiri. Mama bilang sebagai wanita kita tetap harus punya "pegangan" sendiri, jangan sepenuhnya bergantung pada orang lain. Tidak harus dengan jumlah yang besar, yang penting ada pemasukan. Kalo dari sudut pandang Papa, bekerja itu bisa menghindarkan kita dari aktivitas yang kurang berguna. Misal arisan, jalan-jalan ke mall yang bisa menghabiskan uang, dan sebagainya. Bekerja juga bisa membuat kita terus berpikir dan mengasah kemampuan, selain itu kita bisa berinteraksi dengan banyak orang dan bertukar pikiran.

Pola pikir itulah yang selama ini saya anut. Sama sekali tidak ada pikiran untuk menjadi Ibu rumah tangga karena memang saya dibesarkan oleh seorang wanita karier dan saya ingin seperti itu. Bukan karena tidak setuju dengan konsep Ibu rumah tangga itu sendiri. Tidak ada yang salah dengan stay-at-home-mom, lagi pula sebenarnya kita tetap bisa bekerja walau dari rumah, kan?

Januari 2011, tiga bulan setelah lulus kuliah, saya diterima bekerja di sebuah Kantor Akuntan Publik (KAP) Anwar & Rekan sebagai junior auditor. Sebenarnya, pekerjaan sebagai auditor tidak pernah ada dalam pikiran saya, nilai mata kuliah audit saya pun tidak memuaskan hehe, namun Papa selalu bilang untuk tidak memilih-milih pekerjaan. Papa bilang, ambil kesempatan yang ada untuk pengalaman, dan jangan berpatokan pada gaji yang besar. Makanya, saat itu saya terima aja pekerjaan tersebut. Saya bekerja di KAP Anwar & Rekan selama kurang lebih delapan bulan. Selama itu banyak pelajaran yang saya dapat mengenai pekerjaan sebagai auditor. Mulai dari belajar berinteraksi dengan klien, bekerja sama dengan tim, hingga jam pulang kantor yang bisa sampai tengah malam atau bahkan dini hari.

September 2011, saya pindah kerja ke sebuah KAP yang lebih lebih besar dan bertaraf internasional, KPMG Indonesia. Tentu orang tua saya seneng banget, terutama Papa. Saya memulai karier di KPMG sebagai associate auitor. Bekerja di perusahaan yang lebih besar tentu aja lebih banyak pelajaran yang bisa kita dapat, juga tantangan yang lebih sulit. Di sini saya dituntut untuk lebih tough dalam menghadapi demand dari klien dan juga atasan. Saking capeknya, ga jarang saya berpikir untuk resign dan mencari pekerjaan lain yang lebih "santai". Saya pun beberapa kali cerita ke orang tua tentang kecapekan dan kegalauan saya dengan pekerjaan tersebut, tapi mereka selalu menyarankan untuk bertahan karena memang begitulah dunia kerja. Saya ingat pesan Papa saat itu, 
"Semua kerjaan ya seperti itu, kadang banyak masalah. Masalah itu kan bagian dari pembelajaran. Dan di semua kantor ada aja bos yang seperti 'itu'. Jangan dijadikan pikiran, nanti jadi beban diri sendiri. Yang penting kita kerja sebaik mungkin".
Tapi saya ga diem gitu aja, saya tetap melamar kerja di tempat lain tapi selalu gagal pada tahap interview. Puncak kegalauan saya itu saat gagal naik ke level senior. Dunia rasanya hancur haha lebay sih tapi ya sedih banget waktu itu. Keinginan untuk resign semakin menjadi-jadi ya tapi apa daya, jalannya masih di kantor ini. Sempet ada rasa putus asa juga karena saya selalu gagal. Sampe akhirnya saya pasrah dan memutuskan untuk bertahan sampe waktu yang ga tentu.

Sebenernya, ga segitu menyeramkannya sih bekerja sebagai auditor hehe. Walaupun saya udah capek banget, pekerjaan dan kantor tersebut adalah comfort zone saya. Enaknya, kita punya banyak temen-temen yang seangkatan jadi lebih seru, bikin waktu lembur jadi lebih asik, dan pastinya punya keluh kesah yang sama hehe. Selain itu bisa ketemu klien yang macem-macem juga. Ya yang baik banget sampe yang jutek banget! Bisa dibilang saya cukup menikmati dunia kerja ini :)

Maret 2014, saya menikah. Saya dan suami ketemu di kantor lama dan sama-sama pindah ke KPMG Indonesia. Disinilah mulai muncul pertimbangan-pertimbangan agar saya mencari pekerjaan lain atau bahkan menjadi Ibu rumah tangga aja. Karena udah capek nyari kerja, saya minta waktu setahun dulu untuk tetap bekerja di sana. Sebenernya sih lebih karena saya belum siap kalo harus menjadi Ibu rumah tangga. Bukan apa-apa, saya merasa ga punya bakat bisnis atau keahlian yang bisa menghasilkan. Saya belum siap untuk ga punya "duit jajan" sendiri, dan saya masih takut memikirkan apa pendapat orang tua saya nantinya, saya takut mengecewakan mereka.

Sampai akhirnya pada Agustus 2014 saya mengalami keguguran saat usia kandungan tujuh minggu. Mulai saat itu suami semakin sering mengutarakan keinginannya agar saya mencari pekerjaan lain yang lebih "santai" atau menjadi Ibu rumah tangga aja. Dia ingin saya istirahat. Namun saat itu saya bilang ingin nyoba ngejalanin tanggung jawab baru sebagai senior dulu dan suami pun mengizinkan. Ternyata pas ngejalanin role baru saya sebagai senior auditor, saya benar-benar merasa kewalahan. Capek fisik dan capek pikiran karena banyak faktor. Saya pun menyerah hehehe. Jadi keputusan resign bukanlah sepenuhnya karena permintaan suami tapi juga karena keputusan saya sendiri. Saya berpikir sepertinya akan sulit punya anak kalo kami berdua sama-sama sibuk dan saya terlalu capek. Mungkin beda lagi kalo kerjaan saya tidak segitunya menguras tenaga, pikiran, dan waktu.

Saya sounding dan minta pendapat ke orang tua tentang rencana resign tersebut. Ya mereka ga melarang tapi keliatan kalo agak berat. Papa cuma bilang sekarang kan saya harus ikut kata suami bukan Papa lagi. Hiks. Kalo dari pihak suami sih mendukung aja. Lagi pula Ibu mertua saya adalah seorang Ibu rumah tangga, sebagian besar keluarga dari pihak Ibu mertua pun ya Ibu rumah tangga. Jadi memang berbeda dengan keuarga saya.

Akhirnya April 2015 saya resign dan dua bulan berikutnya, Juni 2015, saya dinyatakan hamil. Alhamdulillah. Memang rejeki itu ada aja yaa, dan bentuknya bermacam-macam :)

Sekarang udah sekitar tujuh bulan saya menjadi Ibu rumah tangga dan beristirahat di rumah. Saya tidak melamar pekerjaan kemana-mana karena memang ingin fokus pada kehamilan dulu.

Jadi setelah ngerasain jadi wanita karier selama kurang lebih empat tahun, sekarang gimana rasanya jadi Ibu rumah tangga?

Hmmm... jujur masih belum bisa jawab. Saya masih dalam masa transisi. Empat sampai lima bulan pertama saya masih menikmati waktu leyeh-leyeh ini, karena memang saya hobi leyeh-leyeh yaa hehe. Saya masih tinggal di rumah mertua (pulang ke rumah Sentul cuma pas weekend) dan masih menantikan kehadiran anak, jadi ya memang belum banyak yang harus diurus juga. Saya biasa ngabisin waktu sambil browsing, belajar nge-blog, belajar crochet, baca buku, kadang jalan-jalan ke mall, atau ya istirahat aja di rumah. Tapi makin ke sini saya lagi sering ngerasa kangen ngantor. Bukan kangen pekerjaannya yaaa, lebih ke kangen suasananya, teman-temannya, interaksi sosialnya. Kalo lagi sensitif banget, bisa sampe bikin mewek tuh gara-gara ngerasa kesepian hehehe.
Mungkin saya kangen sibuk. Biasanya selalu banyak kerjaan, sekarang lebih sering ga ada kerjaan. Mungkin beda ya nanti kalo anak saya udah lahir, jadi punya kesibukan ngurus anak. Nah sekarang kan belum ada. Untungnya saya punya beberapa sahabat yang juga udah ga kerja kantoran lagi. Jadi kadang kita bisa jalan bareng atau bisa bertukar cerita tentang pengalaman baru ini. Saya juga suka curhat tentang rasa kesepian dan kebosanan saya. Sebenernya kita pengen banget bikin usaha bareng, tapi masih mentok di keinginan aja hehehe. Apalagi saya sendiri ga punya bakat bisnis, makin bingung mau ngapain :))

Sampe sekarang saya masih belajar. Belajar jadi istri yang baik dan belajar jadi Ibu rumah tangga yang baik. Belajar manajemen rumah, belajar ngurus keuangan keluarga, dan belajar lainnya. Kedepannya masih belum tau akan kerja kantoran lagi atau kerja di rumah. Jadi Ibu rumah tangga itu sebuah profesi yang ga mudah juga, loh. Banyak banget yang harus diurus mulai dari suami, anak, rumah, keuangan, dan lain-lain. Kita harus bisa multitasking. Makanya, saya ga pernah setuju sama orang-orang yang ngeributin antara mereka yang menjadi wanita karier atau Ibu rumah tangga, atau wanita yang bekerja dari rumah. Menurut saya, apapun pilihannya yang penting harus sesuai hatinya dan tetap harus seizin suami.

You Might Also Like

0 comments