37 Weeks: Hello, February!

9:24 PM


Udah bulan Februari lhooo, artinya Insya Allah udah semakin dekat dengan kelahiran si entong! :)) Saat ini usia kandungan saya udah 37 minggu, hampir 38 minggu di pertengahan minggu ini. Jadi, si bayi ini bener-bener bisa keluar kapan aja semau dan sesiap dia hihii.

Rasanya apa? 

Excited, nggak sabar, tapi juga nggak bohong tetep ada perasaan takut dan deg-degan menghadapi proses persalinan nanti. Badan juga udah makin berat, tapi tetep harus banyak jalan kalau mau si bayi cepat lahir.


Saya udah nggak pernah ikut kelas senam hamil atau prenatal yoga. Beberapa minggu ini saya lebih memilih untuk jalan cepat di sekitar komplek atau treadmill aja di rumah, ya walaupun masih suka bolong-bolong sih hehe.



Selama kehamilan ini, ada aplikasi dan buku-buku yang suka saya baca untuk menambah pengetahuan dan mempersiapkan diri menjelang persalinan. Untuk aplikasi di handphone, saya pakai My Pregnancy Today dari BabyCenter. Dalam aplikasi tersebut banyak banget pengetahuan yang bisa kita dapat di setiap minggu perkembangan janin, yang menurut saya sangat membantu. Selain itu banyak tools-nya juga, seperti pregnancy checklist, bumpie, kick tracker, contrsction timer, dan sebagainya. Sejauh ini saya paling suka dengan bumpie, dimana kita bisa mendokumentasikan perkembangan bentuk tubuh kita selama masa kehamilan.

Untuk buku, saya membaca buku dari Ayahbunda yang berjudul 9 Bulan yang Menakjubkan dan buku mengenai metode relaksasi HypnoBirthing yang berjudul Melahirkan Tanpa Rasa Sakit yang ditulis oleh Evariny Andriana. 
Dari kedua buku ini, saya lebih suka buku dari Ayahbunda karena berwarna dan membuat saya fun saat membaca. Banyak sekali yang dibahas mulai dari perkembangan janin di minggu pertama hingga mengenai proses persalinan. Selain itu ada juga tips-tips untuk calon ayah dan lainnya. Saya agak bosan saat membaca buku mengenai metode relaksasi HypnoBirthing mungkin karena dalam buku tersebut terlalu banyak tulisannya, jadi bikin saya gampang ngantuk. Makanya saya belum selesai membacanya hehe. Tapi sebenernya buku ini sangat bagus untuk panduan ibu hamil belajar lebih tenang saat menjalani kehamilan dan menghadapi persalinan. Dalam buku ini ditulis dengan detail langkah-langkah relaksasi yang benar dan terdapat bonus CD panduan relaksasi untuk melengkapinya.

You Might Also Like

0 comments