Proses Melahirkan: Hello, Baby!

4:09 PM

Alhamdulillah akhirnya saya udah jadi seorang ibu sejak tanggal 12 Februari 2016 lalu. Proses persalinan ini maju empat hari dari due date yang jatuh di tanggal 16 Februari 2016.

Kamis, 11 Februari 2016.

Pukul 10.00 wib.
Hari itu adalah jadwal kontrol rutin kandungan untuk minggu ke 39. Serunya, kontrol hari itu dianter sekeluarga full-team karena ada rencana pergi setelahnya. Ada Mama, Papa, Mas Danu, Isthi, dan Sekar.
Hari itu dokter Diana datang on-time, jadi nggak pake nunggu lama udah bisa langsung masuk. Saya lapor kalau sampai hari itu belum ngerasain tanda-tanda mau lahiran. Padahal udah beberapa minggu rajin jalan pagi di komplek, jalan-jalan ke mall juga nggak lupa hehe. Setelah dicek semua, dokter Diana menyarankan untuk cek CTG.


Pukul 12.00 wib.
Sebelumnya saya harus makan dulu, jadi kita ngemil roti di kafetaria. Setengah jam kemudian baru saya cek CTG. Hasilnya, terlihat cukup baik, tapi si bayi anteng banget, mungkin dia lagi tidur. Terus, kata bidan dari hasil CTG udah terekam ada kontraksi, tapi kok saya nggak berasa sama sekali ya? Setelah bidan lapor hasilnya ke dokter Diana, saya disuruh CTG ulang tapi harus makan besar dulu.


Pukul 14.00 wib.
Dua jam setelah makan, saya pun CTG kedua. Hasilnya, si bayi tetep anteng, dan lagi-lagi terekam udah ada kontraksi. Malah saya dengar bidannya nyeletuk kalau kontraksi saya udah 5 menit sekali. Waduh, kok nggak berasa ya?
Setelah dilaporkan hasilnya ke dokter Diana, saya boleh pulang dan disuruh balik cek CTG lagi di hari Minggu.

Pukul 15.30 wib.
Pulang dari rumah sakit, kita mampir ke Kemang Village karena ada perlu ke Ace Hardware. Di sana saya gunakan untuk banyak jalan. Entah karena abis denger kata-kata kontraksi atau gimana, saya jadi mulai ngerasa pegel di punggung bawah kayak kalau mau haid. Saya sempet bilang ke mama, "Ma, Ica mulai ngerasa pegel-pegel nih. Sugesti gara-gara tadi dibilang udah ada kontraksi apa bukan ya?". Mama cuma ketawa dan nyuruh lebih banyak jalan lagi biar sekalian mancing pembukaan.

Pukul 18.00 wib.
Di rumah, rasa mules yang saya rasakan makin menguat. Saya whatsapp dokter Diana lapor kalau mulai ngerasa nyut-nyutan dan nanya kapan harus ke rumah sakit. Dokter bilang kalau udah ada flek atau kalau pun belum keluar flek tapi mulesnya ilang timbul secara rutin, misal dua kali dalam 10 menit. Nah saya mulai menghitung jarak datangnya kontraksi dan lamanya menggunakan aplikasi di smartphone saat makan malam.

Pukul 21.00 wib.
Dalam dua jam, ternyata kontraksi saya muncul 4 menit sekali dengan lama rata-rata 1 sampai 3 menit. Karena rasa mules semakin kuat, saya akhirnya memutuskan untuk balik ke rumah sakit. Setelah beres-beres, saya pun ke rumah sakit diantar Mama, Papa, dan Mas Danu. Suami saya langsung ke rumah sakit dari kantor klien di BSD. Di jalan menuju rumah sakit, saya udah mulai kesakitan nggak bisa banyak omong, posisi duduk pun nggak ada yang enak.

Pukul 21.30 wib.
Alhamdulillah jalanan malam itu lancar. Suami udah sampai duluan di rumah sakit dan saya langsung menuju UGD, kemudian diantar ke ruang observasi untuk cek CTG dan cek pembukaan.


Pukul 22.00 wib.
Suster bilang saya udah pembukaan 5, tapi ternyata dari hasil CTG udah pembukaan 7! Wah!
Setelah ganti baju saya pindah ke ruang tindakan dan menunggu pembukaan lengkap di sana. Badan rasanya sakit banget sampai nggak bisa gerak. Saya cuma bisa merem dan tiduran miring kiri. Entah kenapa rasanya ngantuk banget, cuma mau merem dan nggak mau berinteraksi sama orang saking sakitnya. Untuk makan pun saya nggak mau, minum pun sedikit. Padahal keduanya penting banget untuk energi saat lahiran. Oiya, biasanya kan kalau orang mau lahiran suaminya ngelus-ngelus biar si istri lebih tenang, nah kalau saya malah melarang suami untuk pegang-pegang! Soalnya bikin makin mules! hahaha. Suami nurut aja, dia pun nggak maksa saya untuk makan minum, mungkin karena muka saya udah nggak enak kali ya.

Dokter Diana langsung datang begitu dikabari oleh bidan walaupun pembukaan saya belum lengkap. Selama nunggu pembukaan lengkap, saya sangat berusaha tenang dalam menahan rasa sakit. Nggak ada tuh teriak-teriak seperti yang sering saya lihat di tv. Bersuara sih ada sesekali kalau pas sakit banget, apalagi kalau lagi cek dalem, aduh kesel banget sih kenapa bidannya bolak balik cek dalem. 

Jumat, 12 Februari 2016.

Pukul 01.00 wib.
Pembukaan udah hampir lengkap dan ketuban saya pun dipecahkan oleh bidan. Semua udah mulai disiapkan untuk proses melahirkan. Di dalam ruangan bersalin, saya didampingi suami, mama, dan kembaran. Rame ya! Alhamdulillah siapa aja dibolehin sama dokter Diana selama saya kasih ijin, mau semua masuk juga boleh kali. Di luar ruangan ada Papa, Mas Danu, Fadh, Mama mertua, dan adik ipar.


Pukul 01.30 wib.
Saya mulai disuruh nyoba mengejan saat kontraksi. Tapiiiii.... saya nggak punya tenaga!! Yaiyalah terakhir makan kan jam 7 malam dan setelah itu saya mogok makan! huhuu rasanya lemes banget. Apalagi hari kamis itu saya udah mulai beraktivitas dari jam 6 pagi dan pergi seharian, makanya mungkin saya udah terlalu lelah. Cara mengejan saya pun sering salah, nggak kepake deh tuh yang udah diajarin pas senam hamil. Kontraksi pun pendek-pendek, jadi sering kali mengejannya belum tuntas saya udah ngos-ngosan. Dan teteeep, saya sangat hening! Hmm lebih ke hening nggak bertenaga sih. Saat mengejan pun saya nggak bersuara! Dokter, bidan, dan suster pun bingung ini mau lahiran atau apa kok nggak heboh, lebih heboh mereka dan yang nungguin haha. Dokter bilang bisa bikin ngantuk kalau gitu caranya hahaha. 
Yang lucu (saat itu nggak lucu ya hehe) pas rambut si bayi udah mulai keliatan, semua langsung makin heboh kasih semangat saya untuk mengejan. Tapi saya berulang kali salah mengejan dan nggak bertenaga, jadi banyinya sempat lama di jalan lahir. Bidan pun berkali-kali mengingatkan untuk mulai mengejan saat dirasa udah kayak orang mau buang air besar. Sampai rasa itu pun saya lupa saking lemesnya. Akhirnya saya di kasih infus akselerasi semacam induksi gitu biar kontraksinya lebih kenceng, tapi kayaknya nggak terlalu berpengaruh di saya. Bidan dan suster pun turun tangan bantu dorong perut saya. Iya sampai dibantu dua orang! ckckck.
Karena udah terlalu lama, kasian si bayi yang kelamaan di jalan lahir, dan semua yang ada di ruangan udah gemes banget, dokter bilang kalau sampai nggak keluar-keluar juga akan di vacuum. Dan di akhir semua makin semangat kasih support ke saya, nyuruh untuk melepas semua jangan di tahan. Setelah liat mama kasih anggukan ke saya, saya pun mengejan dengan bersuara dan penuh tenaga, akhirnya lahirlah si bayi.

Pukul 02.25 wib.
Anak saya lahir dalam keadaan agak membiru dan nggak langsung nangis. Kepalanya pun panjul karena sempat terlalu lama di jalan lahir. Astaghfirullah rasanya sedih dan panik banget saat itu. Bayi langsung di taro di dada saya dan saya pun reflek teriak-teriak manggil namanya dan berseru Allahuakbar berkali-kali. Suami saya pun ikut manggil-manggil namanya agar anak kami lekas bangun dan Alhamdulillah akhirnya anak kami bersuara kencang sekali. 
Setelah dibersihkan, suami saya menyerukan azan di telinga anak kami. Sayang, anak kami harus langsung masuk NICU untuk diobservasi jadi nggak bisa inisiasi menyusui dini (IMD). Saat itu langsung ada perasaan bersalah yang besar di hati karena saya yang nggak mau makan jadi nggak punya tenaga selama proses melahirkan. Tapi di luar itu, rasanya sangat lega dan bersyukur sekali. Suami langsung mencium kening saya dan itu sangat menenangkan. 
Setelahnya saya baru ngerasa capek dan lapar luar biasa. Sampai-sampai saat sedang dijahit, saya masih bisa sambil ngemil snack bar hahaha. Proses jahit-mejahit dan bersih-bersih selesai dalam waktu sekitar setengah jam. Mama, Papa dan yang lainnya pun pamit untuk pulang dulu ke rumah.


Pukul 04.00 wib.
Seharusnya saya istirahat total, tapi nggak bisa tidur. Jadi cuma rebahan aja. Sejam kemudian saya udah bisa berdiri dan jalan ke toilet untuk buang air kecil. Alhamdulillah ternyata enak ya lahiran normal, bisa recovery dengan cepat. 

Pukul 08.00 wib.
Karena udah enakan, saya nengok anak kami di ruang NICU. Ada perasaan sedih pas liat dia dipasang alat dan tangannya di infus. Seperti bisa baca perasaan saya, dokter Petra, dokter jaga NICU yang menangani anak saya sesaat setelah lahir, bilang agar saya jangan punya perasaan bersalah. Hal seperti ini adalah hal yang biasa terjadi jadi jangan dijadikan beban pikiran.


Pukul 16.00 wib.
Saya penasaran untuk menyusui anak kami. Jadi saya pergi ke ruang NICU untuk menyusuinya. Ada perasaan yang luar biasa ya saat menyusui bayi untuk pertama kalinya. Alhamdulillah rasanya pun bahagia banget pas dia ada di dekapan saya.

---

Begitulah kurang lebih cerita pengalaman melahirkan yang saya alami. Nggak pernah nyangka sebelumnya kalau saya mampu melewati proses melahirkan secara spontan atau normal. Ternyata memang pengalaman melahirkan setiap wanita itu unik dan nggak pernah sama.
Kalau ditanya proses melahirkan itu sakit atau nggak. Ya saya nggak bisa bohong kalau rasanya nyeri sekali. Kontraksi itu rasanya luaaaarrr biasa! Terus kenapa saya bisa ngga teriak-teriak lebay? Mungkin karena udah tersugesti dengan kata-kata mama yang bilang apa gunanya teriak kalau dengan teriak juga nggak meredakan sakit, yang ada kita harus mengatur napas untuk mengurangi rasa sakit itu. Ya kenyataannya tetep sakit sih haha tapi setidaknya nggak ngabisin tenaga dengan teriak-teriak.

Anak pertama kami ini bernama Irgi. Insya Allah kelak dia bisa sukses menjadi pemimpin yang kuat, berani, dan berwibawa sesuai dengan nama lengkapnya. Amin.


Oiya, kelahiran Irgi ini juga sebagai kado spesial untuk Papa yang ulang tahunnya bertepatan dengan hari lahir Irgi. Alhamdulillah Papa seneng banget.

You Might Also Like

0 comments