Welcome to Motherhood!

4:55 PM


Halo! Akhirnya setelah beberapa bulan absen nulis, sekarang bisa balik ngeblog lagi hehe.

Jadi apa aja yang terjadi selama 3 bulan ini? Gimana rasanya jadi ibu baru?

Waaahh, ternyata luar biasa ya menjadi seorang ibu itu, apalagi ibu baru! Rasanya campur aduk, banyak dramanya! ;)
Sejak hari pertama setelah pulang dari rumah sakit aja udah ada drama! Drama anak bayi nangis kejer nggak mau tidur sampe tengah malam. Alhasil saya dan suami kebingungan dan akhirnya saya turun ke kamar mama minta pertolongan! Iya untung ada mama karena sejak lahiran, kami tinggal di rumah mama dulu. Gimana kalo tinggal bertiga doang, coba? Hahaha lucu sih kalo inget kejadian itu.

Terus gimana hari-hari berikutnya? 

Saya kayak orang jet lag, gampang lupa, dan bingung. Lah masa sampe jadwal kontrol pertama Irgi aja kelewat sehari hahaha. Mama pun notice dengan kelinglungan saya dan cuma geleng-geleng heran.

Drama selanjutnya adalah breastfeeding. Ternyata menyusui itu nggak segampang bayangan saya. Sejak awal Irgi harus sering disusui karena bilirubinnya tinggi, jadi sebentar-sebentar nyusu. Pertama-tama sih lancar, puting agak lecet ya wajar dan alhamdulillah nggak sampai parah. Tapi lama-lama kok saya merasa Irgi kalo nyusu rusuh ya. Rusuh yang saya maksud itu, kayaknya dia ngamuk kalo asi saya keluarnya ga sederas yang dia mau. Padahal kan LDR (let-down reflect) itu nggak keluar setiap saat ya, makanya saya sempat bingung harus gimana. Mama pun nyeletuk mungkin asi saya kurang jadi Irgi nggak puas-puas. Hiks sedih deh dengernya. Nanti tentang breastfeeding ini saya bahas terpisah ya.

Terus udah nih dramanya? Belum dong. Yang nggak akan terlewati oleh ibu baru adalah drama nidurin bayi. Irgi itu termasuk bayi yang nggak berpola kata mama saya, beda dengan Sekar keponakan saya yang jam tidurnya udah terpola sejak awal. Awalnya Irgi banyak banget tidur siangnya, mungkin karena bilirubinnya tinggi jadi lebih suka tidur. Ada yang bilang itu ngaruh sih, tapi nggak tau juga ya. Nah makin ke sini anaknya susah banget ditidurin. Harus sambil nyusu dan digendong, pas ditaro di kasur eh langsung bangun. Tidurnya pun sebentar-sebentar. Malah nggak jarang dia nggak tidur siang. Malam pun nggak kalah menantang! Hehe. Proses tidur Irgi itu lamaaaa banget. Udah digendong berbagai macam posisi, dinyanyiin, diapain juga nggak tidur-tidur. Mending kalo nggak tidurnya itu anteng, nah ini pake rewel. Duh rasanya pusing dan capek banget. Bisa nih ya mulai nidurin dari jam 8 malam dan baru bisa ditaro tidur tenang jam 1 pagi! Kebayang nggak sih stresnya hehehe. Apalagi kalo udah puncaknya nih, saya bisa sampe ikutan nangis gara-gara keabisan ide dan nggak ngerti lagi harus gimana. Udah gitu tepat sebulan Irgi lahir, suami saya harus dinas di luar kota selama sekitar dua minggu. Duh tiap malam makin berasa deh dramanya hehe. Rasanya suka takut kalo udah menjelang malam, apa itu termasuk baby blues ya?

Oiya, saat anak sakit juga nggak kalah bikin sedih lho. Sakit pertamanya Irgi saat usia sekitar 2,5 bulan. Waktu itu dia sakit setelah ikut saya dan suami ke Bandung selama dua hari. Keesokannya Irgi rewel banget dan nggak mau tidur siang. Hari berikutnya badannya panas hingga 38 derajat celcius. Seharian tidur terus dan lemas banget. Untuk nyusu aja harus dibangunin dan cuma sebentar-sebentar udah langsung tidur lagi. Saya coba untuk skin-to-skin selama dua jam tapi panasnya nggak turun juga. Akhirnya saya bawa ke dokter di hari berikutnya. Alhamdulilah Irgi langsung sembuh setelah diberi obat penurun demam. Setelahnya gantian saya yang drop. Walaupun badan lagi sakit-sakit, ternyata tetep lebih sakit kalo liat anak lemes nggak berdaya yaaa.

Itu drama-drama yang saya alami. Kata orang sih dinikmati aja setiap prosesnya, karena fase-fase tersebut nggak akan berlangsung selamanya. Iya sih, sekarang Irgi udah 3 bulan dan saya udah mulai bisa lebih tenang. Ya walaupun kalo lagi capek banget tetep aja yang namanya emosi susah banget dihindari hehehe.
Untuk mengurangi stres saya lebih suka curhat dan tanya-tanya ke beberapa teman. Paling sering tengah malem chat sama sahabat yang sedang berada di Inggris, namanya Karin. Biasanya saya ceritain semua hal ke dia dan dia kasih banyak tips untuk saya. Curhat itu lumayan ampuh lho buat ngurangin stres hehe.

Memasuki usia 3 bulan ini Irgi tidur malemnya udah bisa lebih cepat, tapi tidur siangnya tetep susah. Irgi juga udah mulai bisa senyum-senyum kalo diajak ngobrol dan suka ngoceh. Oiya, dia juga lagi suka ngemut jari! Hihii. Overall, Alhamdulillah anaknya sehat dan aktif. Walaupun sekarang ini lagi gendongan banget. Yaa itung-itung ibunya olah raga yaa.

Ternyata bener ya yang orang bilang kalo udah punya anak tuh hidup langsung berubah. Tapi Insya Allah saya bisa menangani dan menikmati segala prosesnya, juga bisa jadi ibu yang baik untuk Irgi. Amin.

You Might Also Like

0 comments