Puncak & Taman Safari Indonesia

1:25 PM

Berawal dari rasa penasaran kembaran saya yang pengen ngajak anaknya jalan-jalan ke Taman Safari Indonesia, akhirnya kemarin kita pergi ke Puncak, Bogor. Kebetulan hari Senin (25 Januari 2016) itu kembaran saya sedang cuti dan Mama juga lagi nggak ada acara, jadi kita berangkat liburan deh sama Papa juga. Alhamdulillah perjalanan termasuk lancar, cuma agak padat aja pas mulai nanjak. Cuaca seharian juga adem, enak banget. Sempat hujan rintik halus tapi cuma sebentar, sisanya mendung jadi nggak panas.

Sampai di Puncak Pas, kita puter balik dan foto-foto sebentar di dekat restoran Rindu Alam. Udaranya dingin, enak banget deh sejuk gitu. Pemandangan hijaunya pun menyejukkan mata.

Puas foto-foto, kita istirahat, solat, dan makan dulu di Papof Restaurant Bed & Breakfast. Restoran bergaya Belanda ini masih satu grup dengan Dijan's yang ada di Kemang, Jakarta Selatan. Sukaaaa banget denga suasana restorannya! Bangunan serba putih dengan aksen kayu coklat, halaman hijau yang luas, dan lingkungan yang terawat bersih bikin betah lama-lama di sini. Sesuai dengan namanya, di sini nggak hanya sekedar restoran aja, tapi juga ada beberapa kamar untuk disewakan, lengkap dengan fasilitas kolam renang. Sayang, saya sampai lupa foto suasana di restoran ini saking keenakan leyeh-leyeh dan makan siang hehehe.

Perjalanan berlanjut ke Taman Safari Indonesia. Sampai di sana udah sore sekitar pukul 14.45, tapi karena emang udah diniatin jalan-jalan iseng ya tetep lanjut aja hehe. Ternyata harga tiket masuknya sekarang udah mahal yaaa IDR 150,000 untuk pengunjung di atas 5 tahun. Anak di bawah 5 tahun dikenakan biaya IDR 140,000, tapi entah kenapa keponakan saya yang berumur hampir 2 tahun ini nggak dihitung, ya Alhamdulillah yaa hehehe. Sedangkan untuk kendaraan beroda empat dikenakan biaya parkir IDR 15,000 aja. Terakhir saya ke Taman Safari Indonesia sepertinya masih dibawah seratus ribu rupiah tiket masuknya, ya tapi itu jaman kuliah sih which is sekitar delapan tahun yang lalu hahaha! Dengan harga tiket masuk segitu, saya sarankan untuk datang dari pagi biar bisa menikmati seluruh area dan pertunjukan yang ada karena jam tutupnya hanya sampai pukul 17.00.

Nggak banyak aktifitas yang kita lakukan di Taman Safari Indonesia karena terbatas waktu. Kita cuma sempat lihat-lihat hewan dari mobil dan nonton pertunjukan gajah. Keponakan saya sempat bosan saat kelamaan di mobil dan mungkin karena belum terlalu ngerti banyak jenis hewan ya. Saat pertunjukan gajah pun sempat ketakutan karena pertunjukan dibuka dengan drama gajah liar dengan suara-suara yang bikin anak kecil agak takut. Makanya kita nggak nonton sampai selesai dan lebih memilih untuk naik kereta mengelilingi Baby Zoo. Wahana yang ini sebenernya kurang menarik juga sih, akan lebih seru kalau masuk ke area Baby Zoo nya langsung. Tapi ya karena udah mau tutup jadi kita pilih naik kereta aja.

Yang penting semua happy! Dari eyang, tante, sampai cucunya semua senang udah Alhamdulillah yaa hehehe. Akhirnya kita pulang ke Jakarta sekitar jam setengah 6 sore. Kesenangan kita pun ditutup dengan perjalan pulang yang nggak disangka sangat lancar. Hore!