Kuntum Farmfield Bogor

11:43 PM

Setelah sekian lama penasaran dengan Kuntum Farmfield Bogor, akhirnya minggu lalu kami menyempatkan datang ke sana. Mumpung suami lagi cuti jadi kami mengajak Irgi jalan-jalan.

Kuntum Farmfield buka dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Namun selama bulan puasa tutup lebih cepat, yaitu jam 5 sore. Kami sampai di sana sekitar jam 10 pagi. Harga tiket masuk per orang IDR 40.000 untuk dewasa dan gratis untuk anak di bawah usia 2 tahun. Suasana saat itu termasuk sepi karena hari kerja dan bulan puasa. Ramenya hanya karena ada dua rombongan anak-anak TK yang sedang karyawisata.

Ketika pertama kali masuk, yang saya rasakan kami disambut dengan bau kambing haha. Ya karena memang ada kandang kambing. Kemudian berjalan sedikit kami memasuki area kandang kelinci dan marmut. Di dua area tersebut pengunjung bisa masuk dan berinteraksi langsung dengan memberi makan atau sekedar bermain. Namun saat kami datang, kedua area tersebut sedang penuh dengan rombongan anak TK, jadi kami memilih lanjut untuk melihat sapi. Irgi excited banget lihat sapi-sapi yang besar. Dia menirukan suara sapi, "moo.. mooo...", tapi begitu dengar salah satu sapi bersuara, dia langsung kaget, takut, dan kabur hahahaha.

Untuk memberi makan, dijual sayuran seharga IDR 5.000/ bakul. Begitu juga untuk susu jika ingin memberi susu ke sapi atau kambing. Cukup murah menurut saya.

Lalu, masuk ke dalam lagi kami melihat kandang angsa, ayam, burung, bebek, juga kolam ikan. Kolam ikan yang tersedia dapat disewa seharga IDR 100.000, kemudian pengunjung dapat bermain tangkap ikan. Satu kolam berisi sekitar 20 ikan dan nantinya ikan-ikan tersebut dapat dibawa pulang. Untuk menyewa kolam ikan, pengunjung harus booking dulu atau datang lebih pagi agar kedapatan kolam untuk bermain.

Berjalan lebih jauh lagi ke dalam, ada lahan untuk horse riding. Pengunjung bisa naik kuda dengan membayar IDR 30.000 sekali putaran. Irgi seneng banget naik kuda dan udah pasti Ibu yang kebagian temenin naik kudanya hehehe. Hari itu hanya ada dua kuda yang beroperasi. Kata petugasnya, kuda-kuda lainnya diistirahatkan untuk persiapan libur lebaran yang akan pastinya akan ramai pengunjung.

Selain bisa berinteraksi dengan berbagai jenis hewan, di Kuntum Farmfield pengunjung juga bisa belajar mengenai sayuran organik dan tanaman herbal. Sayuran organik yang ada di kebun dapat dipetik dan nanti dihargai per kilo oleh petugas sebelum dibawa pulang.

Secara keseluruhan, menurut saya Kuntum Farmfield ini adalah salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi. Saya pun jika ada kesempatan mau kembali lagi untuk ajak anak bermain di sana. Selain lengkap, lokasinya juga dekat dari rumah. 

Jl. Raya Tajur No. 291
Bogor - Jawa Barat
Tlp. 0251 8244725

Jam Buka:
Senin - Minggu
08.00 - 18.00
IDR 40.000

You Might Also Like

0 comments