Hello and Goodbye, GTM!

5:00 AM

"Wah, Irgi makannya gampang banget! Cepet abisnya!"
"Nyenengké yo liat Irgi makan"
"Makannya pinter banget, nyuapinnya effortless gitu!"
"Irgi apa aja doyan ya? Lahap banget makannya"

Yaa kira-kira begitulah komentar orang-orang yang liat Irgi makan. Selalu lepleplep dan cepat. Biasanya Irgi makan kurang lebih 30 menit udah selesai. Porsinya sekitar 90-110 ml atau 3 sendok makan dewasa (muncung).

Saya sebagai ibunya ya senang dong denger komentar positif gitu. Dengan menu yang itu lagi itu lagi, anak gampang makannya, siapa yang nggak seneng coba? Hehehe.

Lalu tiba-tiba saat usia sekitar 9,5 bulan, Irgi mulai mengenal gerakan tutup mulut (GTM)! Alamaaakk.... ternyata gini rasanya susah nyuapin anak! :)) Irgi nggak yang bener-bener tutup mulut sampai nggak mau makan sih, sesekali dia mau buka mulut. Tapiii mungkin saya udah terlena dengan kemudahan nyuapin anak, jadi pusing gemes sendiri pas dia mulai tutup mulut hehehe. Kalau masih ada ayahnya, Irgi cenderung lebih mau buka mulut. Begitu ayahnya udah berangkat kerja, nah mulai deh dramanya!

Banyak banget tulisan di artikel/blog yang bilang kalau jangan pernah paksa anak makan. Biarkan dia makan semaunya karena kalau lapar dia pasti mau makan lagi. Bila anak dipaksa makan menghabiskan porsi yang udah disiapkan, bisa bikin anak trauma makan dan bisa menyebabkan GTM yang lebih parah lagi.

Teori-teori itu saya coba ingat dan praktekkan, tapiii susah ya hahahaa. Rasa gemas liat makanan nggak diabisin itu lebih besar ternyata buat saya haha. Awalnya malah beberapa kali saya paksa, saya bohongi, dan kalau udah terlalu pusing saya kelepasan membentaknya. Ujungnya ya anak mau buka mulut tapi sambil sebal. Saya pun kepikiran, nyesel nggak bisa nahan emosi. Hiks.

Nasi, sayur, dan lauk dimasak campur.
Nasi dimasak terpisah, sayur dan lauk di kukus lalu di tumis dengan butter.
Nasi dimasak terpisah, sayur dan lauk di kukus, lalu semua dicampur di tumis dengan butter.
Pertama kali coba pasta. Agak gagal karena saus butternut squash nya kurang banyak.
Saya mulai memutar otak gimana caranya biar Irgi mau makan. Sesekali saya rubah cara masaknya walaupun bahan makanannya itu lagi itu lagi hehe. Lebih repot sih, tapi yaudahlah yaa. Tetep susah makan. Nggak terlalu berhasil juga sih, tapi lumayan.

Nah, setelah 1 minggu susah makan, 3 minggu berikutnya kami sempat kembali tinggal di rumah orang tua karena urusan kerjaan suami. Selama itu saya perhatikan Irgi makannya udah kembali seperti biasa. Hanya sesekali tutup mulut. Jadi, analisa saya dan mama, mungkin dia bosan dengan suasana makan yang sama ibu lagi sama ibu lagiiii berduaan aja hahahhaa. Ya bisa jadi sih! :)) Kalau di rumah mertua atau orang tua kan lebih rame, jadi mungkin dia nggak bosan. Oiya, saya juga buat kaldu ayam untuk campuran nasi lembeknya. Mungkin dia lebih suka juga.

***

Ketika kembali ke rumah Sentul, Alhamdulillah kegiatan Irgi makan sudah kembali seperti semula. Yeay, Ibu senang! Semoga nggak ada lagi yang namanya GTM ya, mas!

You Might Also Like

0 comments