Bandung: Long-Weekend Gateway

9:51 PM

Untuk mengisi long-weekend kedua di bulan April ini, kami memilih berlibur ke Bandung. Tujuan standar orang Jakarta, ya? Hehe.
Sebenarnya kami ada keinginan mengajak Irgi ke Bali di bulan Juli saat pekerjaan suami memasuki low-season. Tapiii, dirasa kok kayaknya Irgi belum ngerti apa-apa ya kalau ke Bali. Kalau sekedar pantai sih di Ancol juga ada. Selain itu, kalau menunggu bulan Juli kok lama banget yaa. Hmm kalau ini mah ibunya yang tidak sabar untuk berlibur! Hahaha. Jadi akhirnya kami memutuskan untuk berlibur yang dekat-dekat dulu aja.

Untuk menghindari macet dan karena suami harus lembur di hari Sabtu, kami berangkat ke Bandung di hari Minggu (23 April 2017). Alhamdulillah perjalanan kami terbilang relatif lancar. Padahal sehari sebelumnya, sepupu saya menghabiskan waktu 5 jam untuk sampai di Bandung. Ckckck.
Sesampainya di Bandung, kami langsung makan siang di The Kiosk, Dago. Menu yang kami pesan adalah iga bakar jangkung. Setelah kenyang, kami menuju hotel untuk beristirahat. Begitu sampai di hotel, tiba-tiba turun hujan badai dengan angin yang sangat kencang. Durasinya juga lumayan lama. Untung saja kami sudah sampai di dalam hotel.

Kami menginap di Hotel  Crowne Plaza di dekat daerah Braga. Kami sudah memesan kamar sejak sekitar tiga minggu sebelumnya. Sebenarnya kami memesan kamar tipe deluxe, namun karena saat itu ada kesalahan dari pihak hotel jadi mereka memberikan free upgrade ke tipe kamar dua level diatasnya, yaitu premier club. Ini lucu sih, soalnya waktu di mobil suami sempet nyeletuk, "nanti kamu aja sambil gendong Irgi yang check-in, siapa tau jadi cepet atau bisa minta ganti jadi king bed". Saya tanggepinnya sambil ketawa aja, nggak dilakuin juga. Eh, malah beneran dapet free upgrade tanpa diminta! Alhamdulillah ya rejeki anak :)

Sore hari, saya membawa Irgi untuk mencoba fasilitas kids club yang ada di hotel. Kida club ini buka dari jam 9-18. Saat itu di dalam kids club sangat ramai. Mungkin karena hari Minggu lagi banyak tamu hotel ya. Irgi belum berani membaur karena buat dia terlalu banyak orang. Main perosotan aja tidak tertarik, padahal biasanya suka banget. Jadi dia hanya main dengan sound box gitu sambil memerhatikan sekitar. Selain kids club, ada juga fasilitas kolam renang yang buka dari jam 6-18. Karena hari sudah maghrib, jadi kami tidak berenang hari itu.

Malamnya, berjalan kaki ke Jalan Braga. Kami makan malam di restoran Braga Permai. Hasil browsing di internet dan juga rekomendasi teman suami sih katanya restoran ini patut untuk dicoba. Suasananya seperti restoran jaman dulu, ada live music juga. Makanan yang kami pesan adalah nasi goreng spesial, capcay, dan krim sup ayam. Rasanya? Hmm kalau menurut kami kok semuanya asin yaaa. Kalau porsi sih termasuk besar, bisa untuk sharing. Penasaran sih apakah seharusnya kami mencoba menu western-nya. Sempat liat sepertinya enak. Ya mungkin lain kali yaa. Saat itu kami sudah kenyang dan Irgi mulai rewel, jadi kami kembali ke hotel untuk beristirahat.

***

Hari kedua, seperti biasa Irgi bangun jam 6 pagi. Lalu kami sarapan di hotel. Kalau liburan bersama balita sepertinya memang lebih mudah jika sarapan di hotel ya. Variasi menu sarapan di Crowne Plaza cukup banyak. Jadi tidak usah pusing cari makan untuk anak.

Perut udah terisi makanan, saatnya mencoba fasilitas kolam renang. Saat itu jam 8 pagi tapi matahari sudah terik. Kolam renang terdapat di lantai 5 dekat dengan kids club. Dari kolam renang bisa terlihat pemandangan sekitar, tapi sayangnya dekat dengan perumahan warga. Agak kurang enak aja jadinya hehe. Oiya, air di kolam renangnya dingin! Dingin bangeeett. Saya aja kedinginan, apalagi Irgi. Saya udah pernah baca review di internet sih mengenai kolam renangnya. Makanya beberapa hari sebelumnya saya udah mencoba memandikan Irgi dengan air biasa, tidak sehangat biasanya. Ya tapi kenyataannya, air kolam renang hotel dinginnya pake banget. Untung anaknya masih mau main air.

Selama di Bandung kami tidak punya tujuan khusus karena hanya ingin liburan santai aja. Makanya sempat kebingungan juga menentukan tujuan tiap harinya. Akhirnya siang itu kami menuju Warung Lela untuk makan mie ayam yamin. Lanjut ke The Parlor untuk ngopi santai.

Sorenya, saya punya ide untuk ke alun-alun kota Bandung. Tadinya suami mengajak untuk jalan kaki, tapi saya nggak kuat kalau harus gendong Irgi. Jadi kami naik mobil dan kena macet hahaha. Selain terkena macet, suami sempat kelewatan tempat parkir mobilnya, alhasil harus muter lagi dan macet pastinya. Lupa banget kalau hari itu libur nasional. Saya pun tetap kekeuh mau ke alun-alun. Akhirnya kami parkir di pinggir jalan lalu lanjut jalan kaki. Sesampainya di alun-alun, bukan lapangan hijau yang kami lihat, melainkan lautan manusia hahahaha. Gagal deh Ibu ajak Irgi lari-larian di lapangan. Lalu kami lanjut jalan kaki menyusuri Jalan Asia Afrika. Di sepanjang jalan itu banyak orang-orang yang berpakaian dan berdandan seperti hantu, princess, dan sebagainya. Ternyata para pejalan kaki bisa berfoto bersama dengan memberi uang seikhlasnya. Pemandangan itu persis dengan yang saya lihat di sepanjang jalan menuju alun-alun Jogja.

Capek jalan-jalan sore, kami makan malam di Batagor Kingsley, lalu pulang ke hotel. Ke Bandung rasaya belum lengkap ya kalau belum makan batagor. Hmm, ini sih bisanya saya aja :)

***

Hari ketiga, bangun tidur saya bawa Irgi main air dulu di kolam renang. Tapi sepertinya dia lagi nggak mood, jadi hanya sebentar aja. Saat sarapan pun Irgi lumayan cranky, mungkin dia capek.

Tujuan di hari tersebut adalah mengunjungi Farmhouse Susu Lembang. Saya penasaran dengan tujuan wisata yang katanya wajib dikunjungi ini. Kami memilih datang di hari kerja agar tidak kena macet dan penuh. Ternyata, tetap penuh hehe.

Pulangnya, kami mampir makan siang di Sushi Tei, kemudian melanjutkan perjalanan pulang ke Sentul. Wah, kami salah perhitungan jadi terkena macet di jam pulang kantor. Total hampir 5 jam kami berada di jalan. Irgi udah pasti bosan dan rewel. Sampai di rumah, kami semua langsung tumbang kecapekan.

***

Alhamdulillah liburannya menyenangkan. Kami senang, yang penting anak juga senang. Pulang dari liburan pun semua tetap sehat walaupun capek.

Bagaimana dengan long-weekend kalian? Pssstt, masih ada libur panjang lagi lho di bulan ini. Yeay!