Mommy Time

8:59 PM


Saya teringat pernah membaca sebuah artikel dengan judul The Real Reason Moms can't Put Down Their Phones. Artikel tersebut diposting oleh teman kuliah saya ke dalam akun Path-nya. Saat itu saya baru tiga bulan menjalani peran sebagai Ibu. Komentar pertama saya setelah membacanya, "ih, iya banget nih!", dan langsung me-repath artikel tersebut.

Sebagai ibu rumah tangga, pernah nggak sih merasa jenuh? Tentu saja pernah. Ibu rumah tangga kan juga manusia yang bisa merasa capek dan jenuh juga. Wajar, kan?

Dulu saat belum menjadi ibu, saya pernah bercita-cita tidak ingin terlalu sering pegang gadget (terutama hp) saat sedang menemani anak. Tapi ternyata saya belum bisa, walaupun tetap diusahakan. Apalagi saat ngelonin anak tidur, udah pasti saya selalu sambil sibuk dengan hp. Ya sekedar cek Path, Facebook, Instagram, atau sekedar liat-liat online store (dan berujung belanja) haahaha. Adakah yang seperti saya, buibuuukk?

"It isn't like moms think their phones are more important than their children – hello! Moms keep picking their phones up because it's the easiest and quickest way to zone out.
And if anyone needs some time to zone out, it's a full-time mom."

Setuju nggak sih dengan kutipan di atas? *cari temen, haha!
Selain main hp, sebenarnya ada juga beberapa kegiatan yang bisa bikin saya tetap "waras" dan happy tentunya. Mau tau apa aja?

1. Cek social media (Instagram, Path, Facebook, Youtube)
Tipikal anak jaman sekarang banget ya hahaa. Entah apa untungnya mantengin timeline, tapi apa daya jempol nggak berhenti-henti untuk scroll down terus haha. Gitu aja bikin happy. Sebenernya suka bosen juga sih liatin timeline isinya gitu-gitu aja. Apalagi akhir-akhir ini lagi heboh pilkada yang menjadikan orang-orang berasa jadi ahli politik dan berujung berantem dengan teman sendiri. Pernah juga berpikir untuk "cuti" dulu dari dunia social media, kayaknya bisa bikin hidup lebih damai. Ya tapi belum kelakon terusss.

2. Streaming drama korea
Who doesn't love korean drama? Duh saya mah love bangettt. Saya suka nonton serial drama korea sejak jaman kuliah. Drama korea sangat ampuh untuk stress relief, apalagi kalau ceritanya lucu. Drama korea kan biasanya paket komplit ada sedih, lucu, konyol, dll, dan biasanya tidak bertele-tele. Makanya saya suka. Oiya, bedanya jaman kuliah dengan sekarang tuh ya, kalau dulu sehari bisa nonton sekaligus banyak episode, sekarang mah satu episode aja bisa 2-3 hari! hahahaha

3. Menulis draft untuk isi blog dan blogwalking
Kalau untuk yang satu ini memang belum rutin dilakukan. Tapi biasanya kalau lagi ada ide tulisan, saya suka buat draft di hp terlebih dahulu. Lalu saya edit melalui laptop saat anak udah tidur malam (kalau saya nggak bablas tidur juga yaaa).

4. Chat dengan teman
Ngobrol itu salah satu cara untuk stress relief, lho. Nggak percaya? coba deh. Saya suka ngobrol dengan sahabat mengenai apapun, termasuk curhatan ibu-ibu tentang pola asuh anak dan sebagainya. Dapet masukan-masukan baru dan juga obrolan ringan itu bisa banget bikin happy.

5. Make-up
Sebagai perempuan, pasti punya naluri seneng berdandan dong yaaa. Tapi berhubung sehari-hari saya di rumah aja, jadi selalu dasteran, kucel banget lah pokoknya. Nah makanya kalau mau pergi jalan-jalan tuh saya senang karena artinya ada kesempatan untuk memakai make-up yang saya punya, yeay! Percayalah dandan itu bikin happy :) Ya tapi kalau perginya hanya belanja sayur ke supermarket sih tetep aja kucel hehe

6. Skincare
Selain make-up, melakukan skincare routine juga bikin happy lho, buibu. Walaupun saya belum istiqomah rajin pakai skincare, tapi setiap selesai ber-skincare ria, rasanya seneng ajaaa gitu. Rasanya seger, bersih, muka halus jadi seneng bawaannya pengen pegang-pegang terus hehe. Rutinitas skincare ini baru saya lakukan di malam hari aja saat Irgi udah tidur. Di malam hari saya punya lebih banyak waktu karena biasanya jam 20.00 Irgi udah pules. Sedangkan kalau pagi biasanya lebih hectic jadi udah nggak inget lagi deh sama ngerawat muka :)) Untuk skincare nanti Insya Allah saya bahas terpisah ya (ciyeh!).

Ya kira-kira itu sih pelarian sederhana saya kalau mood ini udah jelek. Menurut saya, intinya sih sah-sah aja seorang ibu, terumata ibu rumah tangga, untuk punya me-time. Kenapa terutama ibu rumah tangga? Ya karena kan sebagian besar pekerjaan kantoran memberikan cuti atau minimal "lunch break" ke karyawannya. Nah, kalau ibu rumah tangga kan nggak punya itu. Makanya, menyempatkan melakukan hal-hal yang bikin mood jadi bagus tuh penting banget. Jangan malah merasa bersalah atau egois ya buibuuuu :)

Have a nice day!

You Might Also Like

0 comments